Sejarah Singkat Pendidikan Khusus

sejarah pendidikan khusus

Sejarah Singkat Pendidikan Khusus

Mungkin masalah terbesar dan paling meresap dalam pendidikan khusus. Serta perjalanan saya sendiri dalam pendidikan, adalah hubungan pendidikan khusus dengan pendidikan umum. Sejarah telah menunjukkan bahwa ini tidak pernah menjadi hubungan yang jelas dan mudah antara keduanya. Ada banyak memberi dan menerima atau mungkin saya harus mengatakan menarik dan mendorong ketika datang ke kebijakan pendidikan. Praktik pendidikan dan layanan pendidikan dan pendidikan khusus oleh pendidik manusia yang memberikan layanan tersebut di kedua sisi pulau, seperti saya.

Selama 20+ tahun terakhir saya telah berada di kedua sisi pendidikan. Saya telah melihat dan merasakan bagaimana rasanya menjadi pendidik arus utama reguler yang berurusan dengan kebijakan pendidikan khusus, siswa pendidikan khusus dan guru khusus mereka. Saya juga berada di sisi pendidikan khusus yang mencoba membuat guru pendidikan reguler bekerja lebih efektif. Dengan siswa pendidikan khusus saya dengan memodifikasi instruksi. Dan materi mereka dan memiliki sedikit lebih banyak kesabaran dan empati.

Selain itu, saya telah menjadi guru pendidikan reguler umum yang mengajar kelas inklusi pendidikan reguler mencoba mencari cara terbaik untuk bekerja dengan beberapa guru pendidikan khusus baru di kelas saya dan siswa pendidikan khusus mereka juga. Dan, sebaliknya, saya telah menjadi guru inklusi pendidikan khusus yang mengganggu wilayah beberapa guru pendidikan reguler dengan siswa pendidikan khusus. Modifikasi yang saya pikir harus diterapkan oleh guru-guru ini. Saya dapat memberi tahu Anda secara langsung bahwa tidak satu pun dari memberi dan menerima antara pendidikan khusus dan pendidikan reguler ini mudah. Saya juga tidak melihat dorongan dan tarikan ini menjadi mudah dalam waktu dekat.

Jadi, apa itu pendidikan khusus?

Dan apa yang membuatnya begitu istimewa namun terkadang begitu kompleks dan kontroversial? Nah, pendidikan khusus, seperti namanya, adalah cabang pendidikan khusus. Ia mengklaim garis keturunannya kepada orang-orang seperti Jean-Marc-Gaspard Itard (1775-1838), dokter yang “menjinakkan” “anak liar Aveyron”, dan Anne Sullivan Macy (1866-1936), guru yang “melakukan keajaiban ” dengan Helen Keller.

Pendidik khusus mengajar siswa yang memiliki kemampuan fisik, kognitif, bahasa, belajar, sensorik, dan/atau emosional yang menyimpang dari orang-orang pada umumnya. Pendidik khusus memberikan instruksi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan individu. Guru-guru ini pada dasarnya membuat pendidikan lebih tersedia dan dapat diakses oleh siswa yang sebaliknya akan memiliki akses terbatas ke pendidikan karena kecacatan apa pun yang mereka hadapi.

Bukan hanya guru saja yang berperan dalam sejarah pendidikan luar biasa di negeri ini. Dokter dan pendeta, termasuk Itard- yang disebutkan di atas, Edouard O. Seguin (1812-1880), Samuel Gridley Howe (1801-1876), dan Thomas Hopkins Gallaudet (1787-1851). Ingin memperbaiki perlakuan individu yang lalai dan sering melecehkan. dengan disabilitas. Sayangnya, pendidikan di negeri ini, lebih sering daripada tidak, sangat lalai dan kasar ketika berhadapan dengan siswa yang berbeda entah bagaimana.

Bahkan ada literatur yang kaya di negara kita yang menggambarkan perawatan yang diberikan kepada individu penyandang cacat di tahun 1800-an dan awal 1900-an. Sayangnya, dalam kisah-kisah ini, dan juga di dunia nyata. Segmen populasi penyandang disabilitas kita sering terkurung di penjara dan rumah penampungan tanpa makanan, pakaian, kebersihan pribadi, dan olahraga yang layak.sejarah pendidikan khusus

Perlakuan pendidikan berbeda

Untuk contoh perlakuan yang berbeda ini dalam literatur kita, kita tidak perlu melihat lebih jauh dari Tiny Tim dalam A Christmas Carol karya Charles Dickens (1843). Selain itu, seringkali penyandang disabilitas sering digambarkan sebagai penjahat, seperti dalam buku Captain Hook dalam “Peter Pan” karya J.M. Barrie pada tahun 1911.

Pandangan yang berlaku dari para penulis periode ini adalah bahwa seseorang harus tunduk pada kemalangan. Baik sebagai bentuk ketaatan kepada kehendak Tuhan, dan karena kemalangan yang tampak ini pada akhirnya dimaksudkan untuk kebaikannya sendiri. Kemajuan bagi penyandang disabilitas kita sulit didapat saat ini dengan cara berpikir yang meresapi masyarakat, sastra, dan pemikiran kita.

Jadi, apa yang harus dilakukan masyarakat terhadap orang-orang yang tidak beruntung ini? Nah, selama sebagian besar abad kesembilan belas, dan di awal abad kedua puluh, para profesional percaya bahwa penyandang disabilitas paling baik dirawat di fasilitas perumahan di lingkungan pedesaan. Sesuatu yang tidak terlihat, jika Anda mau…

Namun, pada akhir abad kesembilan belas ukuran lembaga-lembaga ini telah meningkat secara dramatis sehingga tujuan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas tidak berhasil. Institusi menjadi instrumen untuk segregasi permanen.

Saya memiliki beberapa pengalaman dengan kebijakan segregasi pendidikan ini. Ada yang bagus dan ada yang kurang bagus. Anda tahu, saya telah menjadi guru mandiri selama bertahun-tahun di berbagai lingkungan di ruang kelas mandiri di sekolah menengah umum, sekolah menengah dan sekolah dasar. Saya juga telah mengajar di beberapa sekolah pendidikan khusus perilaku mandiri yang benar-benar memisahkan siswa. Bermasalah ini penyandang cacat dalam mengelola perilaku mereka dari rekan-rekan. Arus utama mereka dengan menempatkan mereka di gedung yang sama sekali berbeda yang kadang-kadang bahkan di kota yang berbeda dari rumah, Teman dan rekan-rekan mereka.

sejarah pendidikan khusus

Pendidikan khusus pertama

Selama bertahun-tahun banyak profesional pendidikan khusus menjadi kritik terhadap lembaga-lembaga. Yang disebutkan di atas yang memisahkan dan memisahkan anak-anak kita penyandang cacat dari rekan-rekan mereka. Irvine Howe adalah salah satu orang pertama yang menganjurkan mengeluarkan kaum muda kita dari lembaga-lembaga besar ini dan menempatkan penduduk ke dalam keluarga. Sayangnya praktik ini menjadi masalah logistik dan pragmatis dan butuh waktu lama sebelum bisa menjadi alternatif. Yang layak untuk pelembagaan bagi siswa kami yang cacat.

Sekarang sisi positifnya, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa pada tahun 1817 sekolah pendidikan khusus pertama di Amerika Serikat. Suaka Amerika untuk Pendidikan dan Pengajaran Tuna Rungu dan Bisu (sekarang disebut Sekolah Amerika untuk Tuna Rungu). Didirikan di Hartford, Connecticut, oleh Gallaudet. Sekolah itu masih ada sampai sekarang dan merupakan salah satu sekolah terbaik di negara ini untuk siswa penyandang disabilitas pendengaran. Sebuah kisah sukses yang nyata!